May 23, 2012

Sealife, Konstanz

Siang menjelang sore itu setelah puas berkeliling Rheinfall, perjalanan berlanjut ke kota Konstanz. Salah satu kota yang tergolong besar di tepi Bodensee. Dari Rheinfall kami harus kembali ke stasiun kereta Schaffhausen dan naik kereta menuju Konstanz yang membutuhkan sekali transit di stasiun Singen. Sekitar dua jam kemudian kereta pun sampai di stasiun Konstanz. Begitu keluar dari stasiun, kami beranjak menuju salah satu atraksi utama yaitu Sealife (http://www.visitsealife.com/Konstanz/en/). Tiket masuk seharga 15,9 Euro untuk orang dewasa, dan tak berlaku diskon untuk mahasiswa. Karena di banyak tempat lain di seluruh eropa biasanya akan ada harga khusus mahasiswa dengan menunjukkan bukti identitas diri. Hmm, jadi ingat waktu kuliah S1 dulu, selalu saja yang dicari harga mahasiswa. Ternyata tak ada bedanya dengan disini. Selalu menyenangkan jika mendengar ada harga mahasiswa..hahaha...

Agak lega juga karena sudah sampai di daratan Jerman, karena beberapa jam yang lalu ada di salah satu negara termahal di Eropa yaitu Swiss. Mereka masih menggunakan mata uang Swiss Frank (CHF) yang setara dengan 1,5 Euro. Jadi bisa dibayangkan misalnya harga souvenir standar gantungan kunci yang biasanya 3-4 Euro, di Swiss bisa sampai 6-7 Euro. Ya begitulah, pasti ada harga yang harus dibayar untuk sebuah keindahan bukan? 

Sarrah dan tabung ubur-ubur
Lanjut cerita tentang Sealife, ada banyak sekali penghuni di dalamnya. Mulai dari ikan dari ukuran terkecil sampai terbesar seperti ikan pari dan ikan hiu yang ada di akuarium raksasa, ada berbagai jenis ubur-ubur, tanaman laut, karang  berwarna-warni sampai yang paling sensasional yaitu penguin. Pertama kali masuk kita akan disuguhi dengan beberapa jenis ubur-ubur yang diletakkan dalam satu tabung air setinggi mungkin hampir 2 meter. Masing-masing tabung berisi 5-10 ubur-ubur dari jenis yang sama, dan yang menarik adalah cahaya di dalam tabung yang bisa berganti-ganti setiap beberapa detik. Jujur baru kali ini aku melihat betapa cantiknya ubur-ubur bila disinari cahaya. Mereka berenang bebas, bergerak lembut laksana kapas yang tertiup angin. Sungguh ciptaanNya yang Maha Sempurna. Di setiap dinding yang kosong pasti ada informasi ataupun petunjuk tentang hewan dan kehidupannya yang sedang kita lihat. Dari mulai jenis, persebaran dan habitatnya. Cocok sekali untuk wisata keluarga, karena orang tua bisa memberikan informasi untuk anak-anak dengan cara yang menyenangkan. 

Salah satu dinding yang berisikan informasi itu
Keluar dari ruangan berisi ubur-ubur, jalan sempit terlihat di depan sana. Kanan kirinya terdapat dinding kaca yang berisikan berbagai jenis ikan dan koral yang sangat indah. Setelah itu ada satu ruangan agak luas yang berisikan satu tabung air besar dengan bagian atasnya yang terbuka. Tabung ini berisikan beberapa jenis ikan pari, kepiting dan juga ikan lain yang tidak terlalu besar. Ada satu yang menarik perhatianku yaitu satu ikan yang bentuknya seperti Gurami tapi ukurannya lebih besar dan bentuknya gepeng. Entah apa nama ikan ini, karena aku lupa mencatatnya. Di sekeliling tabung disediakan juga kursi-kursi berbentuk bulatan kayu untuk menikmatinya.









Foto-foto di Sealife Konstanz bisa dinikmati disini

No comments:

Post a Comment