July 03, 2012

Kapan??


kapan nikah? kapan nyusul? kapan ngundang?
pertanyaan-pertanyaan serupa ini yang kini kerap berseliweran di depan kupingku
Ya, kutulis hanya berseliweran di depan kuping karena aku sendiri nggak pernah pengin menyimpannya
anggap aja angin lalu
trus kenapa? hey bukannya aku nggak mau menikah
perempuan mana di dunia ini yang nggak mau jadi seorang istri dan juga ibu
tapi tak semua kondisi orang sama kan?
ada yang ketemu jodohnya di usia muda, ada yang harus menunggu agak lama bahkan lama sekali baru dipertemukan dengan jodohnya
untuk aku pribadi, sama sekali nggak terganggu
biar aja kalo ada yang nanya ya ditanggapi
misalnya "iya belum nih, doakan ya" atau "iya nih, cariin dong"
kenapa aku ngomong begitu? karena memang belum ada calonnya
mau gimana coba?

kadang aku justru kasian sama orang tua atau keluargaku yang lain
mereka yang justru kena imbasnya karena aku yang belum juga menikah di usia ini
semoga mereka tetap bisa mengerti keadaan ku dan mendukungku
karena bagiku, hanya mereka yang mengerti

aku nggak tau apa intensitas orang-orang yang sukanya bertanya seperti itu
apakah ada hubungannya dengan jalan hidup mereka kalau misalnya aku menikah?
apakah dengan aku menikah bisa mengubah kehidupan mereka?
nggak juga kan? trus apa tujuannya? hanya basa-basi? mending nggak usah deh
udah buang energi, bikin orang yang ditanya sakit hati, dll

mungkin banyak juga yang mengalami kayak aku
umur sudah dianggap dewasa dan ideal untuk menikah
tapi belum ada tanda2 ke arah sana
apalagi sekarang aku malah sedang menempuh pendidikan lanjutan
tambah banyak tuh yang komentar di luar sana
bilang inilah, itulah
but anyway, terima kasih banyak buat yang sudah peduli denganku
terima kasih sudah sudi menanyakan pertanyaan itu
doakan saja semoga secepatnya aku bisa dipertemukan dengan seseorang
yang aku yakin adalah jodoh dariNya
karena menikah bukanlah suatu jalan untuk memuaskan keinginan banyak pihak
tapi menikah adalah proses hidup yang harus dijalani, proses menuju kedewasaan
belajar berbagi, mengatur rumah tangga, mengendalikan ego dan emosi
menjalani hidup dengan lebih bahagia

kutulis ini bukan untuk memprotes balik orang-orang yang bertanya kepadaku
tapi kutulis ini sebagai motivasi untuk diriku sendiri
agar kelak suatu hari aku bisa membuka dan mengingat apa yang kurasakan sekarang
hanya Engkau saja tempatku berlindung

No comments:

Post a Comment